Bu Sofi
 
     
 
» PROFILE
» CERITA
» AGENDA
» PROSES
» GALLERY
» CONTACT US
 

next>

POLA TERSEBUT BANYAK YANG SAYA INGAT

oleh : BU SOFIE

 

 
     

Jika ada pesanan batik halus, saya menggunakan contoh pola, supaya hasilnya bagus dan sesuai dengan motif yang diinginkan. Pola batik saya sendiri yang mengerjakan. Saya tidak punya pola-pola itu, tetapi Bu Harti menyimpan beberapa pola lama yang kadang-kadang bisa digunakan jika ada yang memesan. Ada pula sebuah pola dari keraton yang sudah lama sekali dan masih disimpan oleh Bu Harti.

Tapi kalau hanya batik kasaran pola bisa langsung saya buat tanpa melihat contoh polanya. Berdasarkan ingatan saja. Pola-pola tersebut banyak yang saya ingat karena seringnya membatik, bisa dikatakan hampir setiap hari membatik.

Setelah membuat pola lalu pepakan, kemudian nglowongi, kemudian nyeceki, lalu nembok, dan membuat pelatarannya dengan variasi yang bermacam-macam seperti: ukel, cantel, gabah sinawur, kembang pacar dan lain sebagainya. Semua proses saya kerjakan  sendiri, kecuali nyeceki, karena rumit dan kecil-kecil. Dulu saya bisa tapi sekarang penglihatannya sudah mulai tidak jelas, jadi orang lain yang mengerjakannya.

Setelah selesai dibatik, proses selanjutnya saya kerjakan bersama kelompok Bimasakti. Proses selanjutnya adalah mewarna dan nglorot. Itu proses yang terakhir ***

 
       
 
 
Copyright 2008, Bimasakti